PELUANG DAN TANTANGAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 PADA KURIKULUM DI PRODI PENDIDIKAN SENI PENRTUNJUKAN, FSP-ISI DENPASAR

  • Rinto Widyarto
Kata Kunci: video, pembelajaran, manfaat, peluang, tantangan

Abstrak

Revolusi Industi 4.0 dengan hadirnya alat komunikasi internet berkecepatan tinggi mampu
mengirim dan memperoleh informasi dengan cepat. Komunikasi melalui media komputer atau andoid
(hasil teknologi menjadi bagian penting di dunia pendidikan. Mata kuliah teknologi pembelajaran,
strategi pembelajaran, teknologi informasi dan multimedia merupakan sebagian dalam kurikulum
Prodi PSP yang memanfaatkan teknologi sebagai sarana dan media untuk memberikan pemahaman
mahasiswa dalam mewujudkan capaian pembelajaran. Sebanyak 63 MK dari 69 MK, berarti 91,30%
dalam proses pembelajaran mengakses internet. 6 MK sebesar 8,70% tidak atau kemungkinan kecil
mengakses internet. Hal ini menunjukkan Dosen dan Mahasiswa melaksanakan peluang pembelajaran era baru dan menghadapi tantangan baru dalam metode pembelajarannya. Dosen dan Mahasiswa
di dunia seni pada prodi PSP saat ini tatarannya sebagai user. Keempat MK teknologi pembelajaran,
strategi pembelajaran, teknologi informasi dan multimedia bersinergi dalam menghasilkan produksi
video pembelajaran sebagai tugas akhir mahasiswa. Skripsi video pembelajaran berhasil diwujudkan
sebanyak 34 karya dengan bidang tari, karawitan, tembang, musik, dan teater/drama. Hal ini merupakan wujud pelestarian, dan pengembangan seni yang bertujuab sebagai media belajar di dunia pendidikan, khususnya siswa SMP dan SMA. Metode penelitian menggunakan metode evaluasi program.
Hasil skripsi video pembelajaran tersebut sampai saat diujikan pada Ujian Tugas Akhir telah dinyatakan layak dan menjadi salah satu alat media dalam proses pembelajaran. Hasilnya juga dinyatakan
media pembelajaran dalam bentuk DVD pembelajaran sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan
seni.

Diterbitkan
2019-08-01
Abstrak viewed = 3 times
PDF downloaded = 6 times