Makna Simbolik Proses Pembuatan Batik Pada Proses Kehidupan Manusia

Main Article Content

Novdaly Fillamenta
R. Djoni Sumantri

Abstract

Proses pembuatan Batik secara filosofis sangat erat kaitannya dengan proses kehidupan manusia. Karena proses batik berawal dari selembar kain dan warna yang bertumpukan/lapisan-lapisan yang membentuk sebuah warna akhir. Manusia dalam awal kehidupannya sebagai selembar kain putih yang berisikan berbagai informasi yang banyak dan berwarna-warni.


Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang proses kehidupan manusia yang terimplementasikan dalam proses pembuatan batik. Pendekatan penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan Teknik studi lapangan yaitu teknik pengamatan/observasi. Analisis data melalui proses reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan bahwa awal proses pembuatan batik, berlandaskan ide murni dari seorang yang merupakan sebuah pesan yang tidak boleh dirubah. Pada proses pembuatannya, pesan tersebut harus “nyata” tervisual tanpa terkontaminasi pemikiran individu lain, sehingga “induk” dari ide penciptaan tidak berubah dan mempunyai makna yang sesuai dengan hasil yang tercipta. Dalam proses pembuatanya diawali dari sketsa dan dituangkan kedalam media berupa kain. Selanjutnya ketika mulai melibatkan alat berupa “canting”, “malam” dan “kompor kecil” ada penambahan bentuk, detail, isi komposisi gelap terang, jauh dekat. Batik merupakan sebuah jejak yang akan muncul ketika bertemu dengan warna sehingga tercipta sebuah karya batik yang utuh dan saling menguatkan. Hubungannya dengan proses kehidupan manusia diawali dengan sebuah ide penciptaan sampai kelahiran. Selanjutnya proses tumbuh kembang manusia mempunyai korelasi dengan proses pembuatan batik yang dalam tumbuh kembangnya mulai dari berkomunikasi, dengan tambahan  “alat” serta “bahan” dari masa kanak-kanak yang sampai akhirnya memasuki masa dewasa yang matang dengan kata lain menjadi pribadi yang utuh dan saling menguatkan.

Article Details

How to Cite
Fillamenta, N., & R. Djoni Sumantri. (2021). Makna Simbolik Proses Pembuatan Batik Pada Proses Kehidupan Manusia. Prosiding Bali Dwipantara Waskita: Seminar Nasional Republik Seni Nusantara, 1(1). Retrieved from https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/bdw/article/view/244
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.