Sitilirisasi Daun Keladi pada Media Keramik Fungsional

Main Article Content

Ni Made Rai Sunarini Rai

Abstract

Keladi merupakan sekelompok tumbuhan dari genus Caladium (Suku talas-talasan, araceace). Dalam bahasa sehari-hari keladi juga dipakai untuk menyebut beberapa tumbuhan lain yang masih sekerabat, namun tidak termasuk golongan Caladium. Keladi sejati jarang membentuk umbi yang membesar. Ciri khas dari keladi adalah bentuk daunnya yang mengandung lapisan lilin. Ukuran keladi tidak pernah lebih dari 1 meter. Bentuk daun Keladi yang sejati seperti jantung hati. Bentuk tersebut menjadi ketertarikan pencipta untuk menggali dan membangkitkan daun keladi itu sendiri, dilihat dari keindahan bentuk, garis-garis tulang daunnya, dan warna yang mewujudkan nuansa keindahan.


Tujuan jangka panjang pencipta mengangkat topik ini adalah mewujudkan sebuah metafora dari hasil identifikasi dalam bentuk Stilirisasi Daun Keladi pada Media Keramik Fungsional yang diaplikasikan sebagai Dekorasi Keramik Hias. Sebagai target khusus, pencipta menginginkan sentuhan Stilirisasi Daun Keladi pada permukaan keramik. Penerapan ornamen Daun Keladi dengan berbagai Stilirisasi merupakan suatu hal yang baru, mengingat keramik tidak saja difungsikan sebagai alat upacara, tetapi difungsikan sebagai benda-benda kebutuhan profan, diantaranya termasuk keramik hias.


Penciptaan karya Kriya Seni ini akan mengusung konsep inovatif dan kebaruan (Novelty) yang didukung oleh metode penciptaan seni, yaitu metode eksplorasi dan metode eksperimen. Lima buah karya yang akan diwujudkan adalah karya keramik tiga dimensional yang menggunakan berbagai bahan (media campur). Hal tersebut bertujuan agar pencipta dapat secara total mengeksplorasikan gagasan, mewujudkan suatu karya seni kriya yang unik dan artistik, menambah khasanah ide, bentuk maupun teknik penggarapan. Manfaat khusus serta urgensi (keutamaan) penciptaan Kriya Keramik ini diharapkan dapat menjadi konsumsi visual dalam penyajiannya untuk menumbuhkan apresiasi dalam penggalian seni tradisi.

Article Details

How to Cite
Rai, N. M. R. S. (2021). Sitilirisasi Daun Keladi pada Media Keramik Fungsional. Prosiding Bali Dwipantara Waskita: Seminar Nasional Republik Seni Nusantara, 1(1). Retrieved from https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/bdw/article/view/247
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.