TEATER PAKELIRAN TUTUR CANDRA BHERAWA: PROSES PENCIPTAAN BERTOLAK DARI PENJELAJAHAN TEATER TRADISI

Main Article Content

I Gusti Putu Sudarta
I Gusti Made Darma Putra

Abstract

Teater Pakeliran Tutur Candra Bherawa merupakan garapan total teater yaitu menggali dan memanfaatkan semaksimal mungkin unsur-unsur seni yang terdapat dalam teater tradisi Bali secara total. Karya ini menggunakan sajin nyanyian sebagai penekanan dalam penyampaian cerita sehingga menjadi sajian musik teater. Penjelajahan melodi dan olah vokal tidak hanya pada tradisi Bali dan Jawa tapi juga mengadaptasi dan mentransformasi gaya lagu qawwali music dan kidung spiritual seperti santi suara, laras madya, kirtan, bajan, dan gregorian chant. Karya  Teater  Pakeliran  Tutur Candra Bherawa ini  disajikan dalam bentuk Sangita di mana tembang menjadi elemen pokok disertai dengan musik dan tari.Konsep yang menjadi dasar karya ini adalah ngarcana sarining lango yang dijabarkan sebagai bukti-mukti-jiwan mukti. Metode penciptaan yang digunakan dalam penggarapan karya ini adalah Gandha Sesa yang berarti kegiatan kreativitas yang berkaitan dengan menyusun lagu, gending, pemilihan laras atau patutan, metrum komposisi tembang, dan suara vokal. Sedangkan Bhasma Sesa adalah membangun kerangka lakon, alur dramatic, naskah lakon, dan bentuk penyajian serta artistic design.

Article Details

How to Cite
I Gusti Putu Sudarta, & I Gusti Made Darma Putra. (2022). TEATER PAKELIRAN TUTUR CANDRA BHERAWA: PROSES PENCIPTAAN BERTOLAK DARI PENJELAJAHAN TEATER TRADISI. Prosiding Seminar Bali-Dwipantara Waskita, 2(1), 269–286. Retrieved from https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/bdw/article/view/352
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.