EFEKTIVITAS CONTENT CREATOR DALAM STRATEGI PROMOSI DI ERA DIGITAL

Penulis

  • Putu Karin Pradnya Larasati Institut Seni Indonesia Denpasar

Kata Kunci:

efektivitas, promosi, content creator

Abstrak

Abstrak

Promosi merupakan hal penting demi kelangsungan hidup perusahaan, selain memperhatikan sisi kualitas produk tentunya dari sisi promosi juga merupakan unsur yang penting. Seiring berjalannya waktu, strategi dalam mempromosikan produk ikut berkembang, aspek-aspek yang dapat membantu berkembang dengan pesatnya suatu produk dalam periklanan diantaranya ialah pengaruh dari seorang publik figur.  Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi promosi yang digunakan, khususnya dengan memanfaatkan pengaruh dari content creator pada era digital. Salah satu faktor yang mendasari keberhasilan pemasaran melalui media sosial adalah dengan menggunakan metode menunjuk orang atau figur, yang dianggap memiliki pengaruh diantara masyarakat atau target konsumen ini disebut sebagai influencer marketing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan menyebarkan kuisioner melalui google form. Berdasarkan dari responden kuisioner lebih menyukai content creator yang kreatif dan informatif. Dengan adanya strategi promosi oleh content creator diharapkan dapat mempengaruhi efektivitas penjualan suatu produk dengan ide menarik yang dimiliki oleh content creator.

 

Kata kunci: efektivitas, promosi, content creator

 

Abstract

Promotion is important for the continuity of the company, paying attention to the quality of life, of course in terms of promotion is also an important element. Over time, strategies in products develop, aspects that can help the rapid development of a product in advertising include the influence of a public figure. In this study, the aim of this research is to analyze the promotional strategies used, especially by taking advantage of the influence of content creators in the digital era. One of the factors that underlie marketing through social media is using the method of designating people or figures, who have influence among the target community or consumers, this is known as influencer marketing. The method used in this research is quantitative method, with a questionnaire via google form. Based on the questionnaire respondents prefer creative and informative content creators. With a promotion strategy by content creators, it can affect the sales of a product with interesting ideas that content creators have.

 

Keywords: effectiveness, promotion, content creator

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-02-14

Cara Mengutip

Larasati, P. K. P. (2021). EFEKTIVITAS CONTENT CREATOR DALAM STRATEGI PROMOSI DI ERA DIGITAL. SANDI : Seminar Nasional Desain, 1, 126–133. Diambil dari https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/sandi-dkv/article/view/102

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.