Desainer Sebagai Manipulator Suatu Promosi di Era Society 5.0 (Designers as Manipulation of Promotion in Society 5.0)

Penulis

  • Kadek Sisnu Sunaya Santika Institut Seni Indonesia Denpasar

Abstrak

Di era digital ini perkembangan teknologi semakin cepat terutama pada media-media yang sering digunakan oleh masyarakat sekarang. Society 5.0 adalah sebuah konsep memungkinkan manusia untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan sosial dengan dukungan teknologi.Society 5.0 diharapkan dapat mengubah persepsi tersebut dan mengalihkan fungsi teknologi untuk membantu manusia di berbagai bidang termasuk pada suatu promosi. Perkembangan teknologi berlaku sejalan dengan pemikiran masyarakat yang semakin bosan dan enggan untuk melihat ataupun menonton suatu promosi. Akibat hal ini strategi promosi juga melakukan perubahan mengikuti perkembangan teknologi tersebut dengan menggunakan media yang sering digunakan oleh masyarakat luas. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana desainer sekarang dapat memanipulasi desain promosi mereka disajikan kepada audiens serta mengamati bagaimana masyarakat dalam menyikapi suatu media informasi terutama media promosi dalam keseharian mereka. Manipulasi ini dalam makna kiasan menurut KBBI berarti upaya kelompok atau perseorangan untuk memengaruhi perilaku, sikap, dan pendapat orang lain tanpa orang itu menyadarinya. Hal ini berbanding lurus dengan teknologi yang semakin canggih dapat mendukung desainer dalam mempromosikan suatu produk atau jasa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kepustakaan serta survey dari media terkait. Hasil yang diharapkan dari kajian ini ialah masyarakat dapat melihat serta tidak sekedar hanya menangkap informasi yang disajikan oleh desainer secara mentah namun dapat memastikan bahwa informasi yang disajikan oleh seorang desainer tersebut dengan media yang dibuat merupakan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan dan valid.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-02-14

Cara Mengutip

Santika, K. S. S. (2021). Desainer Sebagai Manipulator Suatu Promosi di Era Society 5.0 (Designers as Manipulation of Promotion in Society 5.0). SANDI : Seminar Nasional Desain, 1, 180–185. Diambil dari https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/sandi-dkv/article/view/119