Infografis sebagai Media Promosi Bali Safari di Masa Pandemi Covid-19

Penulis

  • Trisha Aulia Nabillah Institut Seni Indonesia Denpasar

Kata Kunci:

infografis, elemen visual, tinjauan desain, infographic, visual elements, design review

Abstrak

Pandemi Covid-19 mengakibatkan sektor pariwisata Bali menjadi lumpuh dan berdampak pada tempat rekreasi serta konservasi satwa. Untuk mengawali dimulainya tatanan kehidupan era baru, Bali Safari dibuka kembali untuk umum dengan tetap menerapkan protokol kesehatan saat berkunjung. Informasi tersebut dikemas ke dalam bentuk infografis sebagai media promosi yang diunggah melalui media sosial Instagram Bali Safari. Seorang calon desainer harus mengetahui bagaimana cara membuat suatu desain infografis yang efektif. Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis elemen-elemen visual dan menganalisis makna dengan tinjauan desain dari infografis Bali Safari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun hasil dari penelitian ini bahwa infografis Bali Safari memiliki elemen visual berupa warna, tipografi, ilustrasi, dan layout. Sedangkan tinjauan desain dari infografis Bali Safari dilakukan melalui empat tahapan yaitu: tahap deskriptif memperlihatkan bahwa infografis termasuk Bali Safari termasuk ke dalam desain statis; tahap analisis formal dijabarkan unsur-unsur yang terdapat dalam infografis; tahap interpretasi membedah makna infografis secara denotasi, yaitu Bali Safari telah dibuka kembali dan konotasi, yaitu meyakinkan masyarakat bahwa Bali Safari aman untuk dikunjungi; tahap evaluasi bahwa infografis Bali Safari berdampak pada peningkatan pengunjung.

 

The Covid-19 pandemic has paralyzed Bali's tourism sector and has an impact on recreation and wildlife conservation. To initiate a new era of life, Bali Safari was reopened to the public while still applying health protocols when visiting. This information is packaged in the form of an infographic as a promotional media uploaded through the Bali Safari Instagram social media. An aspiring designer must know how to create an effective infographic design. This study aims to analyze visual elements and analyze meaning with a design review of the Bali Safari infographic. This research uses qualitative methods with a descriptive approach. The results of this study indicate that the Bali Safari infographic has visual elements in the form of colors, typography, illustrations, and layouts. While the design review of the Bali Safari infographic is carried out in four stages, namely: the descriptive stage showing that the infographic including Bali Safari is included in a static design; the formal analysis stage describes the elements contained in the infographic; the interpretation stage dissects the meaning of the infographic in denotation, namely Bali Safari has reopened and connotations, namely convincing the public that Bali Safari is safe to visit; the evaluation stage that the Bali Safari infographic has an impact on increasing visitors.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-02-14

Cara Mengutip

Nabillah, T. A. (2021). Infografis sebagai Media Promosi Bali Safari di Masa Pandemi Covid-19. SANDI : Seminar Nasional Desain, 1, 186–192. Diambil dari https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/sandi-dkv/article/view/120