Instagram sebagai Media Promosi Happiness Jungle di Masa Pandemi

  • Ida Bagus Wedanta Dwi Putra Institut Seni Indonesia Denpasar

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dampak dari pandemi covid-19 terhadap sektor pariwisata di Bali.  Dampaknya membuat daerah-daerah wisata menjadi sepi karena kekhawatiran wisatawan akan penularan covid-19. Hal ini membuat perlu adanya upaya dalam mengembalikan rasa kepercayaan dan aman bagi wisatawan yang berwisata ke Bali. Happiness Jungle yang merupakan salah satu tujuan wisata memanfaatkan Instagram sebagai media promosi dikala pandemi. Dengan adanya fenomena tersebut, maka rumusan masalah pada penelitian adalah bagaimana peran Instagram sebagai media online marketing pada Happiness Jungle?. Adapun tujuan penelitian, yaitu mengetahui peranan Instagram sebagai media online marketing pada Happiness Jungle. Landasan teori yang mendasari penelitian ini adalah promosi, media sosial, media sosial online marketing. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Instagram memiliki beberapa fitur, yaitu postingan (feed) dan Instastory yang dapat dimanfaatkan sebagai media promosi online dikala pandemi Covid-19. Hal tersebut dimanfaatkan oleh pihak Happiness Jungle untuk menjangkau pasar yang lebih luas dalam menginformasikan jasanya. Berdasarkan data dari Insight pada Instagram Happiness Jungle, adanya perkembangan yang cukup signifikan terhadap promosi yang mereka tawarkan, yaitu dengan meningkatnya jumlah jangkauan dari pengguna Instagram lainnya. Selain itu flyer dan feed pada Instagram Happiness Jungle juga memuat fungsi dari promosi yaitu mengenai informing, persuading, reminding.

 

Diterbitkan
2021-02-14