Penggunaan User Interface (UI) Google Classroom Pada Siswa Tingkat SMP di Denpasar Selatan

Penulis

  • Rizky Iskandar Nasution ISI Denpasar

Kata Kunci:

Desain, User Interface (UI), Aplikasi, Google Classroom

Abstrak

Kemajuan teknologi mengakibatkan pendidikan menjadi berkembang, sehingga hadir suatu aplikasi yang menyederhanakan proses pengumpulan tugas, pemberian materi terhadap Guru dan Murid dengan nama Google Classroom. Aplikasi tidak lepas dari tampilan visual atau user interface, yang dapat memengaruhi pengguna mengakses User interface pada aplikasi Google Classroom yang dinilai kurang yang mengakibatkan tampilan aplikasi Google classroom menjadi kurang optimal, monoton, membosankan. Penelitian ini bertujuan supaya siswa SMP khususnya di Denpasar Selatan dapat menggunakan aplikasi Google Classroom dengan semangat karena tampilan User Interface yang menarik, tidak monoton dan tidak cepat bosan dengan tampilan user interface pada saat menggunakan Google Classroom, serta dapat menjadi referensi, dan menambah wawasan. Agar permasalahan tersebut teratasi maka perlu penelitian/riset, yaitu menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan instrument penelitian yaitu angket/kuesioner. Setelah data terkumpul ternyata sebagain besar menginginkan adanya perubahan tampilan desain User Interface. Solusinya yaitu dengan mendesain kembali seperti tema/tamplate, warna, teks, ilustrasi, dan menambah masukan dengan menambah fitur pengaturan tema agar pengguna dapat menyesuaikan sendiri tampilan User Interface aplikasi Google Classroom agar lebih menarik. Jadi disimpulkan berdasarkan penelitian ini siswa SMP cenderung menginginkan suatu yang baru terkait tampilan User interface aplikasi Google Classroom agar terlihat menarik tidak monoton dan kesan yang didapat juga bukan biasa-biasa saja.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-02-14

Cara Mengutip

Nasution, R. I. (2021). Penggunaan User Interface (UI) Google Classroom Pada Siswa Tingkat SMP di Denpasar Selatan. SANDI : Seminar Nasional Desain, 1, 215–221. Diambil dari https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/sandi-dkv/article/view/125