Analisis Strategi Pemasaran UMKM Dimasa Pandemi Melalui Fitur TopAds Pada e-Commerce

  • Ari Wijaya Institut Seni Indonesia Denpasar

Abstrak

Penulisan  karya tulis ini bertujuan untuk untuk membahas mengenai  penerapan TopAds pada e-Commerce dalam  hal menunjang strategi pemasaran pelaku UMKM di Indonesia di tengah pandemi corona virus disease yang terjadi. Pandemi telah berdampak besar terhadap aktivitas perekonomian pelaku UMKM sehingga penerapan teknologi digital dalam hal pemasaran perlu untuk dimaksimalkan. Penggunaan e-commerce tentu bukanlah hal baru bagi pelaku ekonomi.  Namun, semenjak pandemic peninggkatan pengguna e-commerce mencapai 91% menimbulkan persaingan yang ketat bagi pelaku UMKM yang mulai mengubah dunia e-Commerce dalam memasarkan produk maupun jasanya ditambah lagi pandemi yang telah mengubah perilaku dan gaya belanja para konsumen. Saat ini perusahaan-perusahaan marketplace menyediakan bergai fitur promosi untuk menggaet lebih banyak pelanggan. Seperti halnya pada Tokopedia yang menawarkan fitur digital media advertising berupa TopAds, sebuah iklan otomatis yang dapat mengoptimalkan penjualan produk. Fitur ini dimanfaatkan oleh Gulaliku, UMKM Kerajinantangan yang mendapat dampak dari pandemic hingga penjualan amblas sampai 0%. Melalui penggunaan fitur ini Gulaliku dapat mengetahui perilaku dan gaya belanja pelanggan dimana produk yang paling diminati adalah vas bunga. Berbekal dari rincian belanja pelanggan tersebut Gulaliku kini memperoleh kenaikan omzet mencapai 30%.

Diterbitkan
2021-02-14