Peran Desain Komunikasi Visual dalam Pemulihan Pariwisata Bali di Instagram pada Masa Pandemi

Penulis

  • I Putu Aldi Saksana Institut Seni Indonesia Denpasar

Kata Kunci:

Iklan, Desain Grafis, Pariwisata, Pandemi

Abstrak

Abstrak

Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk memaparkan bahwa desain saat ini sangat diperlukan kepada objek wisata untuk memikat para wisatawan luar negeri ataupun domestik dengan adanya iklan yang menarik. Latar belakang penulisan ini karena Indonesia juga menjadi salah satu tujuan objek wisata terbesar di dunia dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Sejak adanya pandemi saat ini awalnya objek wisata di Indonesia menjadi hancur sehingga membuat kerugian yang sangat besar bagi rakyat Indonesia. Jumlah pengunjung yang semakin menurun karena pandemi ini membuat para pemilik usaha pariwisata membuat promo besar-besaran untuk memikat para wisatawan asing maupun domestik untuk berkunjung ke objek wisata tersebut.

Iklan menjadi promosi yang menarik dikarenakan iklan adalah segala bentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan melalui media, serta ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat. Fungsi iklan bagi objek wisata mendapat membujuk wisatawan, memberikan informasi, mengingatkan, dan memberikan nilai tambah bagi objek wisata. Iklan dirancang oleh desain grafis dengan proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tipografi, fotografi, serta ilustrasi yang dimaksud untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Penggunaan jasa desain grafis sebagai pembuat iklan sudah banyak dilakukan pada objek wisata saat pandemi ini.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-02-14

Cara Mengutip

Saksana, I. P. A. (2021). Peran Desain Komunikasi Visual dalam Pemulihan Pariwisata Bali di Instagram pada Masa Pandemi. SANDI : Seminar Nasional Desain, 1, 263–269. Diambil dari https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/sandi-dkv/article/view/144