Analisis Desain Antarmuka Pada Aplikasi Ruang Guru Pada Era Modern Society 5.0

  • Alindi Masihi Samasta Bhuwana ISI Denpasar
  • Rania Septina Dewi
  • Evan John Simanungkalit

Abstrak

Abstrak

Lahirnya Aplikasi Ruang Guru ini menjawab fenomena yang ada di masyarakat tentang kurang adanya kemudahan dalam belajar bagi siswa Sekolah Menengah Atas dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian di sekolahnya. Adapun keterbatasan pendidikan di sekolah dalam menyampaikan materi dan juga bimbingan belajar yang mahal membuat para siswa sekolah menegah atas sulit untuk mendapatkan pengajaran. Mudahnya akses internet di era saat ini dimanfaatkan sebagai jembatan penghubung antara pengajar di aplikasi dengan siswa yang membutuhkan ilmu. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana aplikasi Ruangguru dapat diterima dengan mudah bagi penggunanya dan menjadikannya aplikasi belajar online terbaik yang memiliki lebih dari 5 juta pengguna. Hal ini dapat diasumsikan bahwa User Interface yang dihadirkan dalam aplikasi ini bersifat user-friendly terutama bagi siswa sekolah menegah atas. Proses pengumpulan data dilakukan dengan metode kepustakaan dan dokumentasi. Hasil dari kajian tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini mudah diterima bagi penggunanya dengan terpenuhinya kriteria Desain User Interface yang baik.

 

Kata kunci: Siswa SMA, Era Digital, Desain Antarmuka

 

Abstract

The birth of the “Ruang Guru” Application answers the phenomenon in the community about the lack of ease of learning for high school students in preparing themselves for exams in their schools. The limitations of education in schools in delivering material and also expensive tutoring makes it difficult for high school students to get teaching. Easy internet access in the current era is used as a bridge between teachers in this application and students who need knowledge. The purpose of this study is to find out how Ruangguru application can be easily accepted for its users and make it the best online learning application that has more than 5 million users. It can be assumed that the User Interface presented in this application is user-friendly, especially for high school students. The process of collecting data is done by the method of literature and documentation. The results of this study can be concluded that this application is easily accepted by its users by fulfilling good User Interface Design criteria.

 

Keywords: High School Students, Digital Era, Interface Design

Diterbitkan
2021-02-14