‘Berpikir Desain’ dalam Upaya Menghadapi Era Society 5.0

Penulis

  • I Nyoman Larry Julianto Institut Seni Indoenesia Denpasar

Kata Kunci:

Berpikir Desain, Interaksi Visual, Society 5.0

Abstrak

‘Berpikir Desain’ merupakan upaya untuk memahami lebih mendalam terhadap makna dan lingkup kata desain dalam konteks masyarakat digital. Memahami desain secara holistik, diharapkan menjadikan seorang desainer mampu menciptakan konsep yang mengonstruksi makna. Adanya makna yang terkandung dalam sebuah karya visual seorang desainer, cenderung mengakibatkan karya tersebut akan memiliki ‘value’ dalam proses mengomunikasikan pesannya. Upaya menghadapi era society 5.0, merupakan kondisi yang menuntut proses ‘berpikir desain’ dalam mewujudkan sebuah karya visual. Penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi ini berupaya memberikan temuan baru mengenai ‘berpikir desain’ dalam upaya meningkatkan nilai interaksi pada perubahan tindakan sosial masyarakat. Dinyatakan bahwa konstruksi sosial yang terjadi merupakan akibat dari adanya tindakan aktif dalam upaya menciptakan makna serta memaknai ulang terhadap aktivitas tindakan sosial manusia. Konstruksi sosial merupakan proses berpikir aktif dari tindakan manusia akibat kesannya terhadap sesuatu (kesadaran mental) dan hasil dari pengalaman (memorable experience) dalam upaya memodifikasi suatu tindakan yang terkonstruksi. Pemahaman tersebut dapat menyimpulkan suatu penegasan bahwa manusia membangun pengalaman mengenai ‘sesuatu’ terhadap sebuah nilai yang tercipta dalam proses interaksi desain.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-02-14

Cara Mengutip

Larry Julianto, I. N. (2021). ‘Berpikir Desain’ dalam Upaya Menghadapi Era Society 5.0 . SANDI : Seminar Nasional Desain, 1, 15–21. Diambil dari https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/sandi-dkv/article/view/402

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.