Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Sistem Pendidikan Interior Architecture di Universitas Ciputra

Penulis

  • Angeline Rivanna Putri Soegiono Ciputra University
  • Astrid Kusumowidagdo

Abstrak

Abstrak

Artikel ini dituliskan dengan tujuan untuk menjabarkan dampak virus corona terhadap sistem pendidikan dan feedback mahasiswa terhadap pembelajaran online learning di Univeristas Ciputra khususnya pendidikan Interior Architecture, yang mana selama ini proses pembelajaran dilakukan di kampus namun sejak adanya pandemi COVID-19, kegiatan dilaksanakan di rumah secara online dengan menggunakan berbagai alat teknologi, seperti notebook, komputer, dan smartphone. Kajian ini dilakukan dengan melihat hasil studi literatur, jurnal, hasil survei dan beberapa dokumen media eletronik yang berhubungan dengan sistem belajar mengajar di Indonesia saat ini. Kesimpulan dari tulisan ini menunjukan bahwa pelaksanan E-learning di Interior Architecture Universitas Ciputra telah berupaya adaptif terhadap model pembelajaran baru selama masa pandemi utamanya pembelajaran daring dan telah mendapatkan respon baik, saat ini mungkin masih ada sedikit hambatan, namun hal ini tentu akan menjadi proses awal untuk memberikan hasil belajar yang lebih baik di masa depan.

Kata kunci: COVID-19, Sistem Pendidikan, Interior Architecture, Universitas

 

Abstract

This article was written with the aim of describing the impact of the corona virus on the education system and student feedback on online learning at Ciputra University, especially Interior Architecture education, which so far has been the learning process on campus but since the COVID-19 pandemic, activities have been carried out at home. online using a variety of technological tools, such as notebooks, computers, and smartphones. This study was carried out by looking at the results of literature studies, journals, survey results and several electronic media documents related to the teaching and learning system in Indonesia today. The conclusion of this paper shows that the implementation of E-learning at the Interior Architecture of Ciputra University has attempted to be adaptive to new learning models during the pandemic, especially online learning and has received a good response, currently there may still be some obstacles, but this will certainly be the initial process. to provide better learning outcomes in the future.

Keywords: COVID-19, Education System, Interior Architecture, University

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-02-14

Cara Mengutip

Soegiono, A. R. P., & Kusumowidagdo, A. (2021). Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Sistem Pendidikan Interior Architecture di Universitas Ciputra. SANDI : Seminar Nasional Desain, 1, 30–37. Diambil dari https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/sandi-dkv/article/view/80

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.