Human Centered Design dalam Desain Interior

Penulis

  • I Putu Udiyana Wasista Lecturer

Kata Kunci:

Human Centered Design, desain interior, ruang dan manusia, eksistensi manusia.

Abstrak

Tulisan ini membahas metode HCD dalam desain interior, sebab dalam konteks ruang terjadi jalinan yang sangat kompleks antara manusia dan ruang itu sendiri, serta tidak semata-mata hanya bersifat pragmatis. Tulisan ini menggunakan metode studi literatur, untuk membangun narasi berupa konsep wacana tentang implementasi HCD dalam desain interior. Hasilnya, metode HCD dalam desain interior harus mampu memahami hubungan manusia, ruang, dan eksistensinya. Karena di dalam hubungan manusia dan ruang, terdapat kondisi untuk memelihara jiwa penggunanya. Hal ini dikarenakan manusia tidak dapat dipisahkan dengan keberadaan ruang itu sendiri. Melalui ruang, jiwa manusia dapat tumbuh dan berkembang, sesuai dengan kondisi alamiahnya, serta terjadi dialog terhadap eksistensinya. Oleh sebab itu, HCD melalui rasa empati harus dikembangkan untuk membantu manusia mencapai hal tersebut.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-02-14

Cara Mengutip

Wasista, I. P. U. (2021). Human Centered Design dalam Desain Interior. SANDI : Seminar Nasional Desain, 1, 73–81. Diambil dari https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/sandi-dkv/article/view/87

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.