Eksistensi Ornamen Makam Kuno Raja-Raja Binamu Peninggalan Kerajaan Islam Di Sulawesi Selatan

Main Article Content

Yabu Mallabasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji eksistensi ornamen makam kuno Raja-Raja Binamu. Pokok permasalahannya difokuskan pada (1) konsepsi pemikiran yang mendasari gagasan rekayasa rancang-bangun arsitekstur makam secara monumental, (2) pengkajian nilai-nilai simbolik estetik yang terkandung di dalamnya, (3) unsur-unsur budaya yang ikut mempengaruhinya. Data dan informasi ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai bahan informasi budaya, teknologi, dan seni - baik sebagai studi maupun untuk tujuan-tujuan lainnya guna mentransformasikan konsep dan nilai-nilai luhur yang terkandung didalamnya. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang dilakukan pada 3 situs yang tersebar pada 3 wilayah bekas kerajaan Binamu. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui studi lapangan dan studi pustaka menggunakan pendekatan interdisiplin ilmu. Pendekatan sejarah dan sosial-budaya digunakan sebagai pijakan dalam memahami kondisi sosial-budaya, agama, dan kesenian. Pendekatan arkeologis dan analisis komparatif digunakan untuk menelaah keberadaan artifak makam, serta membandingkannya dengan makam-makam Islam lainnya. Pendekatan estetik, semiotik, dan hermeneutik digunakan untuk menafsirkan simbolik estetik yang implisit. Penyajian datanya menggunakan teknik analisis deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) konsepsi pemikiran yang mendasari gagasan rangcang-bangun arsitektur makam erat kaitannya dengan tradisi untuk menghormati leluhur dan penggambaran status sosial; 2) Bangunan makam kuno Raja-Raja Binamu selain mencerminkan unsur-unsur tradisi lama, juga dipengaruhi oleh unsur-unsur budaya asing berbaur dengan unsur-unsur lokal melalui proses changes in continuity atau continuity in changes kemudian disesuaikan dengan budaya lokal setempat, 4) Ornamen makam kuno Raja-Raja Binamu selain sebagai saksi sejarah, juga mengandung nilai-nilai simbolik-estetis yang diapresiasikan pada nisan kubur.

Article Details

How to Cite
Mallabasa, Y. (2021). Eksistensi Ornamen Makam Kuno Raja-Raja Binamu Peninggalan Kerajaan Islam Di Sulawesi Selatan . Prosiding Bali Dwipantara Waskita: Seminar Nasional Republik Seni Nusantara, 1(1). Retrieved from https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/bdw/article/view/233
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.