Musik Pop Bali Sebagai Industri Budaya

Main Article Content

NI Wayan Ardini
I Komang Darmayuda
Ricky Irawan

Abstract

Tulisan ini dibuat untuk tujuan melihat keberadaan musik pop Bali dalam hubungannya dengan industri budaya yang saat ini giat dikembangkan oleh pemerintah melalui wacana industri/ekonomi kreatif. Melalui literature review, tulisan ini disusun menurut paradigma deskriptif-kualitatif. Analisis dilakukan menurut pola reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Hasil studi menunjukkan bahwa, dalam lingkup wilayah serta sosial-budaya Bali, musik pop Bali adalah bagian integral dari industri budaya itu sendiri. Sebagai industri budaya, ia adalah paduan ideal antara seni musik tradisi Bali dan aspek-aspek seni musik modern yang dibawakan oleh peralatan musikal modern. Meskipun demikian secara kajian budaya musik pop Bali adapat ditelusuri secara kritis karena aspek-aspek kapitalistiknya dan semakin hilangnya autentisitas kebalian musik pop Bali itu sendiri.

Article Details

How to Cite
Ardini, N. W., Darmayuda, I. K., & Irawan, R. (2021). Musik Pop Bali Sebagai Industri Budaya. Prosiding Bali Dwipantara Waskita: Seminar Nasional Republik Seni Nusantara, 1(1). Retrieved from https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/bdw/article/view/237
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.