Eksistensi Kriya Perak Art Dan Sakral Pada Era Pandemi Covid 19

Main Article Content

I Wayan Suardana
I Made Sumantra

Abstract

Pandemi covid 19 berdampak signifikan pada produksi seni kerajinan Bali secara umum, termasuk seni kerajinan perak. Produksi kerajinan perak mengalami penurunan yang sangat drastis, bahkan stagnan, karena pariwisata Bali mati total, dan ekonomi global mengalami krisis panjang. Kriyawan perak kehilangan pekerjaan karena tidak pernah mendapat pesanan lagi, sehingga mereka mulai beralih profesi menjadi sopir, tukang bangunan, dagang, petani, dan peternak. Namun tidak semua kriyawan perak meninggalkan propesinya, beberapa yang kreatif dan memiliki ketrampilan yang tinggi mengalihkan produksi karyanya dengan menciptakan beberapa karya perak art dan seni sakral dengan teknik tatahan, seperti membuat keris, sarana upacara, dan elemen hiasan Barong, Rangda, dan Topeng dengan segmen pasar masyarakat lokal. Fenomena ini sangat menarik untuk dikaji secara mendalam dengan mengangkat permasalahan: Bagaimana eksistensi penciptaan karya perak art dan sakral pada era pandemi covid 19?. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara holistik karya perak yang bernilai art dan sakral, agar dapat diketahui eksistensi dan perkembangannya di masa covid 19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif diskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tulisan ini akan sangat bermanfaat sebagai bahan imformasi bagi kalangan masyarakat akademik dan pemerintah.

Article Details

How to Cite
Suardana, I. W. ., & I Made Sumantra. (2021). Eksistensi Kriya Perak Art Dan Sakral Pada Era Pandemi Covid 19. Prosiding Bali Dwipantara Waskita: Seminar Nasional Republik Seni Nusantara, 1(1). Retrieved from https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/bdw/article/view/259
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.