Janma Sebuah Upaya Pelestarian Seni Langka Sulam Jembrana Melalui Apropriasi

Main Article Content

Tjok Istri Ratna C. Sudharsana

Abstract

UU Pemajuan Kebudayaan nomor 5 tahun 2017 menekankan pada perlindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan serta diharapkan dapat menjadikan budaya Indonesia tumbuh tangguh. Keseluruhan poin UU Pemajuan Kebudayaan nomor 5 tahun 2017 mengacu pada sikap perilaku manusia Indonesia yang tengah memasuki fase refleksi budaya. Salah satu sikap refleksi budaya membawa ingatan kita pada keberadaan seni langka di Indonesia. Demikian banyak seni langka yang kini tengah mengalami degradasi akut seperti halnya seni tekstil di beberapa wilayah bagian Indonesia, termasuk Bali dengan tekstil sulam Jembrana. Salah satu faktor penyebab terjadinya degradasi adalah fenomena rendahnya kesadaran masyarakat khususnya generasi muda untuk melestarikan dan mengembangkan sulam Jembrana, sehingga masyarakat Bali dan pemerintah tidak mengetahui eksistensinya. Menerapkan metode deskriptif kualitatif melalui teknik pengumpulan data observasi, kepustakaan, dokumentasi, dan wawancara, penelitian dilakukan dengan menggunakan teori bentuk estetis oleh DeWitt H. Parker dan teori produk kreatif model Bessemer dan Treffinger. Hasil penelitian menunjukan bahwa sulam Jembrana, memiliki keunikan pada bentuk ikon yang ditampilkan melalui interpretasi pengrajin terhadap tradisi lisan yang secara rutin didengar dalam pelaksanaan upacara keagamaan maupun kehiduan sosial di Bali, selain itu tekstil ini memiliki warna yang terang dan kontras sehingga membatnya terlihat berbeda dengan berbagai jenis tekstil lain di Bali. Sulam Jembrana merupakan satu-satunya tekstil di Bali yang menggunakan teknik sulam atau lebih dikenal dengan teknik nyudut oleh pengrajin, setelah kepunahan sulam Singaraja. Merujuk pada hasil penelitian tersebut, maka dilakukan upaya pelestarian melalui penciptaan produk art fashion Janma dengan metode penciptaan frangipani melalui apropriasi teknik nyudut.

Article Details

How to Cite
Sudharsana, T. I. R. C. (2021). Janma Sebuah Upaya Pelestarian Seni Langka Sulam Jembrana Melalui Apropriasi . Prosiding Bali Dwipantara Waskita: Seminar Nasional Republik Seni Nusantara, 1(1). Retrieved from https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/bdw/article/view/265
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.