VISUAL IMAGERY PADA VIDEO MUSIK NAVICULA-KEMBALI KE AKAR

Main Article Content

Nyoman Lia Susanthi
Ketut Hery Budiyana

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan visual imagery penonton yang dibangun sutradara dalam memfasilitasi isu sosial dan lingkungan. Menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknis pengumpulan data melalui tinjauan karya video musik Navicula-Kembali ke Akar, studi pustaka serta studi lapangan dengan mewawancarai sutradara, focus group discussion (FGD) bersama kalangan mahasiswa, dosen serta masyarakat umum. Hasil visual imagery yang dibangun sutradara untuk mengakomodasi simbolik sosial menerapkan mice en scene estetik. Terdapat tiga posisi visual imagery penonton yaitu hegemonic-dominan, negosiasi dan oposisional. Kode simbolik sutradara melalui pesan visual ingat kepada jati diri sejalan dengan penonton, namun ditemukan bahwa penonton lebih terkesan dengan setting di TPA untuk mengkampanyekan pelestarian lingkungan. Posisi negosiasi, penonton memodifikasi imaji dengan banyak merubah makna visual. Penonton pada posisi oposisional yaitu menyatakan kebingungan atas padatnya simbol dalam video musik. Penelitian ini bermanfaat bagi sutradara, konten kreator untuk memiliki pengetahuan strategi membangun visual imagery untuk menyuarakan isu sosial dan lingkungan dengan simbul-simbul estetis.

Article Details

How to Cite
Nyoman Lia Susanthi, & Ketut Hery Budiyana. (2022). VISUAL IMAGERY PADA VIDEO MUSIK NAVICULA-KEMBALI KE AKAR . Prosiding Seminar Bali-Dwipantara Waskita, 2(1), 51–71. Retrieved from https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/bdw/article/view/335
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.