ALIR AIR DALAM PERWUJUDAN FILM “MAHAKRYA LANGO”

Main Article Content

I Nyoman Payuyasa
Nyoman Lia Susanthi
I B. Hari Kayana Putra

Abstract

Institut Seni Indonesia Denpasar merupakan perguruan tinggi seni di Bali yang berlandaskan pada nilai-nilai kearifan lokal dan berwawasan kebangsaan demi memperkaya nilai-nilai kemanusiaan. ISI Denpasar berupaya menguatkan media literasi untuk mengampayekan warisan nilai seni budaya melalui media audio visual kepada masyarakat. Guna menunjang hadirnya media audio visual ini, penulis melakukan riset dan penciptaan film pendek dengan judul film ”Mahakrya Lango”. Film ”Mahakrya Lango”adalah film pendek dengan pendekatan fim tari yang dikuatkan dengan narasi puitik. Secara ringkas film ini akan bermaterikan perjalanan seni budaya Bali, tentang hingar bingar Bali, keterlenaan akan kelupaan tentang warisan, hingga hadirnya ISI Denpasar sebagai lembaga pengajeg seni budaya.  Dalam perwujudannya, film ini mengambil beberapa visual utama dengan set latar air sebagai simbol sumber kehidupan, kelenturan, dinamis, teguh, hingga rapuh. Metode penciptaan film menggunakan tiga tahapan yaitu praproduksi, produksi, dan pascaproduksi. Dalam perwujudan alir air dalam film “”Mahakrya Lango, set lokasi yang dipilih adalah Danau Tamblingan untuk memvisualkan air sebagai sumber kehidupan, air terjun untuk memaknai kelenturan dan kedinamisan, serta lokasi Pantai untuk menggambarkan perayaan.

Article Details

How to Cite
I Nyoman Payuyasa, Nyoman Lia Susanthi, & I B. Hari Kayana Putra. (2022). ALIR AIR DALAM PERWUJUDAN FILM “MAHAKRYA LANGO”. Prosiding Bali Dwipantara Waskita: Seminar Nasional Republik Seni Nusantara, 2(1), 80–92. Retrieved from https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/bdw/article/view/337
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.