AIR SUMBER IMAJINASI DALAM PENCIPTAAN KARYA SENI LUKIS

Main Article Content

Made Purnami Utami
I Made Ruta
Luh Budiaprilliana

Abstract

Bentuk air secara citra visual dan karakter air yang melekat dari spirit dan sifat fisiknya dapat menjadikan alasan sebagai ide penciptaan karya seni lukis, memungkinkan dieksplorasi untuk dihadirkan kembali guna menciptakan bentuk-bentuk imajinatif dengan karakteristik yang dimilikinya sebagai penyampaian gagasan atau kegelisahan terhadap suatu peristiwa yang dialami manusia. Imajinasi bentuk dan karakter air tidak sekedar sebagai unsur alam semata, juga menjadi objek untuk mewakili persoalan dalam kehidupan, yang membuat penulis tertarik untuk mengangkat Air Sumber Imajinasi sebagai subjek matter dalam penciptaan karya seni lukis. Permasalahan dalam proses penciptaan yaitu: (1) Bagaimana bentuk dan karakter air sebagai sumber imajinasi dalam penciptaan karya seni lukis?  (2) Bagaimana mewujudkan bentuk dan karakter air menjadi karya seni lukis. Metode yang digunakan: ide (gagasan), Kontemplasi (memilih objek), Stimulasi (mewujudkan gagasan), Eksplorasi (penjajagan lapangan), Eksperimen (percobaan), Proses Berkaya (pengolahan ide), Peciptaan Karya Seni. Seluruh bentuk hasil karya disajikan dalam karya seni lukis abstrak yang diciptakan di atas kain kanvas dengan media bahan Cat Pouring Acrylik dan cat acrylik dalam proses penciptaan seni lukis. Perwujudan karya yang dihasilkan memiliki nilai-nilai pembaruan (Teknik).

Article Details

How to Cite
Made Purnami Utami, I Made Ruta, & Luh Budiaprilliana. (2022). AIR SUMBER IMAJINASI DALAM PENCIPTAAN KARYA SENI LUKIS. Prosiding Bali Dwipantara Waskita: Seminar Nasional Republik Seni Nusantara, 2(1), 163–175. Retrieved from https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/bdw/article/view/344
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.