PEMANFAATAN KAIN PERCA TENUN ENDEK DALAM MENGHADAPI TANTANGAN GLOBAL DAN KERUSAKAN EKOSISTEM

Main Article Content

Dewa Ayu Putu Leliana Sari
Ida Ayu Kade Sri Sukmadewi
I Gusti Bagus Priatmaka

Abstract

Tulisan ini merupakan salah satu luaran dari penciptaan dan penelitian seni yang didanai oleh DIPA ISI Denpasar. Tujuan dari penciptaan ini yaitu sebagai bentuk aksi nyata dalam menghadapi tantangan global dan kerusakan ekosistem. Hal yang dilakukan  dengan mengajak masyarakat untuk lebih peduli lingkungan berupa penggunaan produk busana yang ramah lingkungan, untuk meningkatkan kreativitas dan inovatif dalam mengolah limbah perca kain, dan mendukung program pemerintah dalam pemajuan kebudayaan, pemasaran dan pemanfaatan produk industri lokal budaya Indonesia. Metode penciptaan yaitu design brief, research and sourching,  design development and  prototypes, sample, contruction, final collection, promotion, marketing, branding and sales, production serta bussines. Hasil karya yang diciptakan berupa busana dengan jenis busana smart casual dengan bahan dasar kain perca endek yang dikumpulkan dari beberapa penjahit busana kerja di daerah Denpasar. Teknik yang digunakan berupa tekstil monumental yaitu teknik patch work, origami tekstil dan slashing fabric. Karya ini terdiri dari atasan berupa blazer berbahan perca endek dan kain tenun seseh berwarna dasar merah, bawahan berupa celana kombinasi berbahan dasar kombinasi perca endek dan kain tenun seseh berwarna dasar merah, dan kelengkapan aksesoris bucket hat dari kain perca endek dan tenun seseh berwarna dasar merah.

Article Details

How to Cite
Dewa Ayu Putu Leliana Sari, Ida Ayu Kade Sri Sukmadewi, & I Gusti Bagus Priatmaka. (2022). PEMANFAATAN KAIN PERCA TENUN ENDEK DALAM MENGHADAPI TANTANGAN GLOBAL DAN KERUSAKAN EKOSISTEM. Prosiding Bali Dwipantara Waskita: Seminar Nasional Republik Seni Nusantara, 2(1), 249–259. Retrieved from https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/bdw/article/view/350
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.