PELATIHAN FOTOGRAFI DAN CETAK FOTO MEDIA ALTERNATIF RAMAH LINGKUNGAN DI PANTI ASUHAN HINDU SUNYA GIRI

Main Article Content

Ida Bagus Candrayana
Anis Raharjo
Ni Putu Tisna Andayani

Abstract

Kota Denpasar memiliki 17 panti asuhan yang tersebar di berbagai Kecamatan di Kota Denpasar salah satunya panti asuhan "Sunya Giri". Panti Asuhan Hindu Sunya Giri terletak di Padang Sambian Kaja, Kecamatan Denpasar Barat, Provinsi Bali. Panti Asuhan Sunya Giri fokus bergerak di bidang pendidikan dengan menyekolahkan anak- anak yang kurang mampu. Setelah melalui pengamatan dan survei serta wawancara singkat, kami mendapat informasi bahwa, anak-anak di panti asuhan belum pernah memperoleh edukasi tentang ilmu-ilmu fotografi secara maksimal baik dari teknik fotografi maupun edukasi untuk mencetak foto. Kami kemudian berupaya menyusun suatu program kerjasama dan mengadakan kegiatan pelatihan fotografi yang didukung oleh beberapa anggota dengan keahlian berbeda sehingga terdapat lintas bidang ilmu yang dikuasai tersebut guna meraih tujuan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM). Perkembangan fotografi digital yang begitu pesat diikuti munculnya ide-ide kreatif fotografer menggunakan media alternatif selain kertas foto sebagai media, diantaranya media batu dan daun. Hal ini dikenal dengan istilah 'media alternatif' dan bahkan berusaha mencetak foto pada media tanpa menggunakan bahan-bahan kimia sehingga berkesinambungan untuk ikut melestarikan lingkungan alam di sekitar kita. Para instuktur pelatihan ini juga memberikan pelatihan untuk menghasilkan foto-foto yang lebih menarik sebagai media promosi, sehingga dapat meningkatkan penjualan produk-produk olahan lokal produksi Panti Asuhan Sunya Giri. Kegiatan pelatihan dibagi menjadi tiga aspek yaitu: (1)Aspek keterampilan fotografi; (2)Aspek pengetahuan proses dan cetak foto ramah lingkungan pada media alternatif; (3)serta aspek pengemasan foto hasil cetakan sebagai media promosi. Hasil pelatihan yang sudah berjalan menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian Program Kemitraan Masyarakat yang dilakukan ISI Denpasar bekerjasama dengan Mitra dalam hal ini Panti Asuhan Sunya Giri mampu menambah pengetahuan anak-anak melalui pelatihan fotografi yang telah dilaksanakan. Para pelatih berharap agar pelatihan ini dapat membantu serta memberi bekal ilmu pengetahuan kepada anak-anak didik di panti asuhan Sunya Giri.

Article Details

How to Cite
Ida Bagus Candrayana, Anis Raharjo, & Ni Putu Tisna Andayani. (2022). PELATIHAN FOTOGRAFI DAN CETAK FOTO MEDIA ALTERNATIF RAMAH LINGKUNGAN DI PANTI ASUHAN HINDU SUNYA GIRI. Prosiding Seminar Bali-Dwipantara Waskita, 2(1), 310–323. Retrieved from https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/bdw/article/view/354
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.