REPRESENTASI AIR PADA KARYA SENI LUKIS

Main Article Content

I Wayan Karja

Abstract

Air sebagai sumber hidup dan kehidupan memiliki lahan imajinasi penciptaan seni visual yang disertai nilai filosofis, simbolis, dan estetis yang tidak terbatas. Permukaan air yang sangat tenang dan jernih memantulkan bayangan yang sangat indah dan menarik untuk dilukis. Di sisi lain, riak gelombang dan irama air sangat menarik untuk direpresentasikan. Kompleksitas air sebagai ide pematik seni lukis mengalir seperti air itu sendiri, selalu membuka ruang baru dalam setiap kreasi. Objek representasi ini meliputi air danau, sungai, laut, dan ekspresi abstraksi personal yang bebas. Tujuan dari penciptaan adalah untuk mengabadikan air dalam bentuk karya seni lukis sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan kepekaan tentang keberadaan dan kemuliaan air. Tempat penciptaan di alam dan studio. Metode penciptaan diawali dengan observasi, renungan, sketsa-sketsa, berkarya di alam terbuka, dan kerja studio sebagai ekspresi play-flow-freedom. Hasil penciptaan berupa karya seni lukis dengan tema air berbagai ukuran dari 80 cm hingga 500 cm, akrilik di atas kanvas, satu karya diantaranya dipamerkan Galeri R.J. Katamsi Yogyakarta dan delapan lukisan di Art Jakarta, Agustus 2022.

Article Details

How to Cite
I Wayan Karja. (2022). REPRESENTASI AIR PADA KARYA SENI LUKIS. Prosiding Seminar Bali-Dwipantara Waskita, 2(1), 333–345. Retrieved from https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/bdw/article/view/356
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.