JANMA PEMBUKA JALAN KELAHIRAN SANG BAYI

Main Article Content

Tjok Istri Ratna C.S.

Abstract

Umat Hindu di Bali memiliki kepercayaan bahwa janin dilindungi oleh catur sanak ketika berada dalam rahim sang ibu, salah satunya adalah yeh nyom atau air ketuban. Kanda Pat Rare menyebutkan bahwa I Bhuta Putih merupakan sebutan bagi yeh nyom yang berperan sebagai bagian pertama pengantar lahirnya manusia. Tidak hanya dalam kepercayaan Hindu, secara medis air ketuban juga telah terbukti menjadi bagian penting bagi janin dan mempunyai peran besar saat proses kelahiran bayi khususnya dalam menjaga tali pusar agar tidak terputus. Fungsi dan peran penting yeh nyom menjadi pemantik untuk lahirnya karya art fashion Janma yang merupakan salah satu dari koleksi karya Tutur Bumi. Janma menggambarkan sang bayi yang dilahirkan ke dunia dalam kesederhanaan utuh. Desain yang didominasi dengan motif melingkar dan jelujur mengilustrasikan siklus kehidupan dalam mekanisme semesta yang dimulai dari air ketuban.

Article Details

How to Cite
Tjok Istri Ratna C.S. (2022). JANMA PEMBUKA JALAN KELAHIRAN SANG BAYI. Prosiding Bali Dwipantara Waskita: Seminar Nasional Republik Seni Nusantara, 2(1), 387–394. Retrieved from https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/bdw/article/view/361
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.