AIR DAN PERADABAN MANUSIA DALAM PENCIPTAAN SENI LUKIS

Main Article Content

I Wayan Setem
I Wayan Kondra

Abstract

Tujuan utama dari penelitian dan penciptaan seni ini adalah mencipta dan menyajikan karya “Air dan Peradaban Manusia dalam Penciptaan Seni Lukis” sebagai representasi pendidikan kesadaran ramah lingkungan  untuk menyangga kesinambungan ekosistem bumi khususnya sumber-sumber air. Model penciptaan menjadi ekspresi budaya yang mampu memainkan peran sebagai media peningkatan apresiasi masyarakat untuk membangkitkan ketahanan ekologi sebagai upaya solusi atas permasalahan kerusakan muara di daerah aliran sungai  (DAS) Unda saat ini.  Penciptaan berbasis riset dengan mendayagunakan dua metode yakni metode penelitian dan metode penciptaan. Metode penelitian menggunakan pendekatan antropologi, khususnya terkait etnografi untuk mengumpulkan data empiris tentang prilaku dan budaya masyarakat di seputaran daerah aliran sungai Unda. Sedangkan metode penciptaan melewati tahap eksplorasi, improvisasi, dan perwujudan karya yang didahului telaah karya seni sejenis  dan kajian literatur.  Target dari penelitian dan penciptaan ini yakni: tersajikannya karya yang imaginatif sehingga masyarakat mendapat tuntunan nilai luhur untuk menumbuhkembangkan watak kesadaran ekologis.

Article Details

How to Cite
I Wayan Setem, & I Wayan Kondra. (2022). AIR DAN PERADABAN MANUSIA DALAM PENCIPTAAN SENI LUKIS. Prosiding Seminar Bali-Dwipantara Waskita, 2(1), 395–406. Retrieved from https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/bdw/article/view/362
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.