CUPU MANIK TIRTA AMERTA UNTUK MENJAGA KESEIMBANGAN KOSMOLOGI AIR DARI GUNUNG KE LAUT

Main Article Content

I Wayan Setem
I Wayan Gulendra
I Made Bendi Yudha

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mencipta dan menyajikan cupu manik tirta amerta sebagai peningkatan apresiasi pendidikan  ramah lingkungan untuk menjaga kelestarian lingkungan alam. Model pengabdian dengan penciptaan seni patung cupu manik tirta amerta menjadi ekspresi budaya yang mampu menjadi media upaya solusi atas permasalahan kerusakan daerah aliran sungai (DAS) Unda yang terjadi saat ini. Metode penciptaan dan penyajian meliputi perancangan model untuk menemukan desain penyajian seni patung yang memiliki kebaruan,eksplorasi alat dan bahan untuk menemukan materi utama. Proses penciptaan bersifat kalaborasi dengan masyarakat, pemerintah Desa Paksebali, Dawan Klungkung, komunitas seni, pencinta lingkungan, dan mahasiswa sehingga terjadi saling respon dan pertukaran pengalaman. Penciptaan ini juga untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan pengembangan inovasi dengan kreativitas yang bisa merevitalisasi objek wisata Kali Unda guna mengembalikan vitalitas kawasan yang telah menurun. Dampak penciptaan ini mampu mempengaruhi meningkatnya kunjungan wisata yang berdampak pula pada kesejahteraan masyarakat.

Article Details

How to Cite
Setem, I. W., Gulendra, I. W., & Yudha, I. M. B. . (2023). CUPU MANIK TIRTA AMERTA UNTUK MENJAGA KESEIMBANGAN KOSMOLOGI AIR DARI GUNUNG KE LAUT. Prosiding Bali Dwipantara Waskita: Seminar Nasional Republik Seni Nusantara, 3(1), 46–57. Retrieved from https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/bdw/article/view/413
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.