KONSEP TIRTHA SEBAGAI INSPIRASI DALAM PENCIPTAAN TARI UDHAKANJALI

Main Article Content

Ida Ayu Wimba Ruspawati

Abstract

Air memiliki fungsi penting dalam proses ritual Hindu secara universal. Sebagai sebuah konsep filosofis, interpretasi tentang air dalam konteks sosio-religi masyarakat Hindu Bali sebagai sumber inspirasi untuk penciptaan tari terbuka untuk diselidiki lebih lanjut. Penelitian ini berusaha untuk menyelidiki konsep tirtha dalam agama Hindu sebagai sumber inspirasi untuk karya-karya tari Udhakanjali. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis konsep filosofis dari tirtha dalam agama Hindu dan untuk mengidentifikasi dan menerjemahkan konsep ini ke dalam elemen-elemen artistik dari tarian. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dan pendekatan analisis tekstual. Sebagai sumber data, digunakan dokumentasi audiovisual dari Tari Udhakanjali dan literatur akademis yang meneliti konsep filosofis dari air, dilengkapi dengan wawancara dengan narasumber terkait. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa rumusan konsep tirtha sebagai inspirasi penciptaan Tari Udhakanjali terbentuk dari analisis tekstual terhadap pustaka suci Hindu dan analisis tekstual terhadap praktik sosio-religius masyarakat Bali tentang air. Pentingnya konsep filosofis air dalam Tarian Udhakanjali diwakili oleh tiga elemen artistik penting: (1) Bentuk Tarian, (2) Struktur Tarian, dan (3) Elemen Artistik. Sifat agung dan anggun dari Dewi Gangga merupakan inspirasi dari bentuk tarian kelompok yang terdiri dari sembilan orang. Struktur pertunjukan yang terdiri dari enam bagian mewujudkan prosesi pemujaan terhadap Dewi Gangga pada Puja Surya Sewana serta karakteristik air yang tenang namun dinamis. Gerakan, musik, tata rias, dan busana tarian ini berasal dari konsep tirtha, yaitu air sebagai persembahan dan anugerah. Temuan dari penelitian ini memberikan gambaran tentang bagaimana sebuah konsep filosofis religius yang abstrak dapat digunakan sebagai sumber inspirasi untuk penciptaan karya seni dengan cara mengkaji dari berbagai perspektif.

Article Details

How to Cite
Ruspawati, I. A. W. . (2023). KONSEP TIRTHA SEBAGAI INSPIRASI DALAM PENCIPTAAN TARI UDHAKANJALI. Prosiding Bali Dwipantara Waskita: Seminar Nasional Republik Seni Nusantara, 3(1), 100–114. Retrieved from https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/bdw/article/view/418
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.