MEDIA VIDEO ANIMASI DAN BUKU PROFIL SENI PRASI SERTA KAIN TENUN SONGKET KECAMATAN SIDEMEN, KABUPATEN KARANGASEM

Main Article Content

Agus Ngurah Arya Putraka
Ni Ketut Pande Sarjani
Ni Ketut Rini Astuti

Abstract

Bagaikan lautan potensi kesenian yang begitu indah dan terus bergerak perlahan, terdengar tenang dalam suasana asri di suatu kecamatan yang terletak di kabupaten Karangasem sangat begitu memikat dan mempesona.  Potensi seni yang sudah lama ada dan tetap terjaga di setiap desa bagaikan hamparan samudra yang menyimpan begitu banyak kekayaan didalamnya, kecamatan itu bernama Sidemen, dimana seni prasi dan kain tenun songket menjadi dua potensi penting dalam sejarah perkembangan kecamatan Sidemen, selain hasil kesenian dan kekayaan alam lainnya yang tersedia di kecamatan yang asri ini, penulis terpanggil untuk dapat lebih memperkenal seni prasi dan kain tenun songket yang menjadi identitas seni dan budaya kecamatan Sidemen sejak tahun 1970-an, melalui Media komunikasi visual yang merupakan bidang keilmuan penulis akan dirancang media video animasi dan buku profil kecamatan Sidemen, kabupaten Karangasem.  Dimana pada media video animasi dan buku profil yang dirancang akan mengulas tentang sejarah perkembangan seni prasi dan kain tenun songket di kecamatan Sidemen, sehingga harapannya media komunikasi visual nantinya akan mampu mempromosikan potensi seni serta memperkenalkan budaya yang ada di kecamatan Sidemen dimata nasional hingga dimata internasional sebagai kecamatan wisata pusat seni prasi dan kain songket serta memperkenalkan kecamatan Sidemen sebagai salah satu kecamatan yang memiliki peran penting dalam perkembangan seni prasi dan kain tenun songket di provinsi Bali.  Hingga pada akhirnya media video animasi dan buku profil kecamatan Sidemen ini dapat digunakan sebagai catatan sejarah kecamatan Sidemen dimasa lalu untuk disampaikan dan diteruskan oleh generasi muda kecamatan Sidemen di masa yang akan datang.

Article Details

How to Cite
Putraka, A. N. A. ., Sarjani, N. K. P. ., & Astuti, N. K. R. . (2023). MEDIA VIDEO ANIMASI DAN BUKU PROFIL SENI PRASI SERTA KAIN TENUN SONGKET KECAMATAN SIDEMEN, KABUPATEN KARANGASEM. Prosiding Bali Dwipantara Waskita: Seminar Nasional Republik Seni Nusantara, 3(1), 188–197. Retrieved from https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/bdw/article/view/427
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.