MELASTI SEBAGAI SUMBER INSPIRASI DALAM KARYA LUKIS

Main Article Content

I Nengah Kariana
I Gusti Putu Ngurah Cahyana Ady Putra
I Wayan Kondra
I Wayan Mudana
I Made Ruta

Abstract

Tujuan dari penelitian dan penciptaan tentang Melasti adalah menciptakan karya seni lukis sebagai pengalaman estetis, mengekspresikannya melalui elemen-elemen penciptaan seni lukis dan penerapan tehnik dengan kombinasi media. Tujuan umumnya adalah sebagai dokumentasi dan memberi inspirasi pada seniman pemula memperkaya kasanah dan menambah kepekaan para seniman muda terhadap aktifitas dan fenomena yang ada dalam kehidupan di lingkungan sekitarnya. Metode penciptaan yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, kepustakaan dan dokumentasi. Berikut dalam penciptaan karya, pencipta menggunakan metode observasi, eksperiman, peforming, dengan memperhatikan aspek ideoflastis dan fisikoflastis. Hasil/Temuan penelitian dan penciptaan berupa dokumentasi dan hasil karya 7 buah karya lukis yang merepresentasikan upacara melasti mulai dari prosesi awal Melasti, perjalanan Melasti, suasana dan spirit Melasti, serta aktifitas dan prosesi upacara di pura sehabis Melasti.  Kesimpulan, Upacara Melasti yang dilakukan masyarakat Bali, terutama menjelang Hari Raya Nyepi, melahirkan berbagai inspirasi dalam penciptaan karya seni dalam hal ini adalah karya lukis. Upacara Melasti juga dapat dijadikan sebagai smber inspirasi yang sangat kaya bagi para seniman diluar seniman lukis. Implikasi dari Upacara Melasti dan karya lukis yang tercipta bagi masyarakat Bali, dapat terwujudnya rasa dan jiwa kebersamaan, kesetaraan, serta meningkatkat jiwa spiritual utuk sujud dan bakti kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Article Details

How to Cite
Kariana, I. N. ., Putra, I. G. P. N. C. A. ., Kondra, I. W. ., Mudana, I. W., & Ruta, I. M. . (2023). MELASTI SEBAGAI SUMBER INSPIRASI DALAM KARYA LUKIS. Prosiding Bali Dwipantara Waskita: Seminar Nasional Republik Seni Nusantara, 3(1), 245–255. Retrieved from https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/bdw/article/view/433
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.